Inilah 4 Keutamaan Shalat Ashar


Salah satu diantara lima shalat wajib yang harus dilaksanakan oleh umat muslim adalah shalat Ashar. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang menganggap remeh shalat ini sehingga seringkali menunda-nunda untuk melaksanakan shalat ashar hingga waktunya hampir habis atau bahkan tidak mengerjakannya sama sekali. 

Padahal, banyak keistimewaan dan keutamaan yang akan diperoleh bagi siapa saja yang tidak pernah melalaikan shalatnya, terutama shalat Ashar. Terlebih lagi apabila bisa mengerjakannya di awal waktu. Kemudian, apa sajakah keutamaan shalat ashar ini ? berikut ringkasan selengkapnya. 

Inilah 4 Keutamaan Shalat Ashar

1. Merupakan amalan yang akan mengantarkan ke surga
Shalat Ashar merupakan salah satu ibadah wajib yang bisa mengantarkan seseorang ke surga.  Sebagaimana disebutkan dalam beberapa riwayat hadits bahwa siapa saja yang melaksanakan shalat ashar, maka dia akan masuk ke dalam surga. 

Namun ada baiknya bila melaksanakan shalat ini di awal waktu, sehingga kita pun bisa lebih khusyu’ dan tidak tergesa-gesa dalam melaksanakanya. Sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 238 bahwa, 

“Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’.” 

Beberapa ulama berpendapat dan sepakat bahwa yang dimaksud dengan shalat wustha adalah shalat Ashar. Dimana hal ini berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW di saat terjadinya perang mahzab bahwa, 

“Mereka (kaum kafir Quraisy) telah menyibukkan kita dari shalat wustha, (yaitu) shalat ashar.”

2. Mendapatkan pahala dua kali lipat serta tidak akan masuk ke dalam neraka
Mengenai hal ini, ada sebuah hadits khusus yang menyebutkan tentang pahala bagi orang yang menjaga shalat Ashar yaitu mendapatkan pahala dua kali lipat, dan ia juga tidak akan dimasukan ke neraka. 

Hal ini disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Bashrah al-Ghifari ra yang menceritakan bahwa , 

“Rasulullah SAW shalat Ashar bersama kami di daerah Makhmash. Kemudian beliau bersabda, ‘Sesungguhnya shalat ini (shalat ashar) pernah diwajibkan kepada umat sebelum kalian, namun mereka menyia-nyiakannya. Sehingga barangsiapa yang menjaga shalat ini, maka baginya pahala dua kali lipat.” (HR. Muslim no. 830)

Selain itu Rasulullah SAW juga bersabda,

“Tidak akan masuk neraka seorang pun yang mengerjakan shalat sebelum matahari terbit (yakni shalat subuh) dan sebelum matahari terbenam (yakni shalat ashar).” (HR. Muslim n0. 634)

3. Menjadi pembeda diri dari orang munafik
Keutamaan shalat Ashar selanjutnya adalah menjadi sebuah pembeda diri dari orang-orang yang munafik. Sebagai umat Islam kita sangat dianjurkan untuk mengerjakan shalat di awal waktu. Sebab selain banyak keutamaan yang akan diperoleh, mengerjakan shalat diawal waktu merupakan salah satu cara untuk membedakan diri dari orang munafik. 

Sebagaimana disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda orang yang munafik akan mengerjakan shalat ashar ketika matahari telah hampir tenggelam. Sehingga ia mengerjakan shalatnya secara cepat seperti patukan ayam. 

“Itulah shalatnya orang munafik, yaitu duduk mengamati matahari. Sehingga ketika matahari berada di antara dua tanduk setan atau ketika hampir tenggelam, maka dia pun berdiri  untuk mengerjakan shalat ashar  empat raka’at  secara cepat seperti patukan ayam. Dan dia juga tidak berdzikir untuk mengingat Allah, kecuali hanya sedikit saja.” (HR. Muslim no. 622)

4. Disaksikan oleh malaikat
Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa para malaikat malam dan siang silih berganti mendatangi seorang hamba. Dimana mereka akan berkumpul di saat subuh dan ashar. Kemudian malaikat yang menjaga kalian akan naik ke atas hingga Allah Ta’ala bertanya kepada mereka -dan Allah lebih mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya)-, “Dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaKu?” Para malaikat menjawab, “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikan shalat. Begitu juga saat kami mendatangi mereka, mereka sedang mendirikan shalat.” (HR. Al-Bukhari no. 555 dan Muslim no. 632)


Itulah 4 keutamaan bagi orang yang mengerjakan shalat Ashar. Dimana salah satunya menjadikan pribadi kita berbeda dengan orang-orang yang munafik. Oleh sebab itu, marilah kita bersama berusaha untuk selalu bisa mengerjakan shalat Ashar dengan tepat waktu. Sebab  shalat bukan hanya dilakukan untuk menggugurkan kewajiban.ya Karena sebenarnya banyak ladang pahala yang bisa di dapatkan dari ibadah shalat tersebut. 
0 Komentar untuk "Inilah 4 Keutamaan Shalat Ashar"

Back To Top