Inilah Doa Malaikat Untuk Orang Yang Mencari Nafkah dan Rajin Bersedekah


Mengimani keberadaan malaikat merupakan salah satu rukun iman yang wajib dipercaya oleh seluruh umat muslim. Dan diantara peran malaikat yang istimewa adalah memberikan syafaat kepada orang-orang yang dicintai oleh Allah SWT dan memohonkan ampunan bagi orang-orang mukmin.

Doa malaikat adalah doa yang paling mustajab. Sebab, malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang suci dan terhindar dari segala perbuatan tercela. Oleh karena itulah, apabila malaikat berdoa maka Allah SWT akan mengabulkan permintaannya. 

Inilah Doa Malaikat Untuk Orang Yang Mencari Nafkah dan Rajin Bersedekah

Namun tahukah kamu bila ternyata malaikat akan mendoakan umat muslim yang berusaha mencari nafkah untuk keluarganya serta yang gemar bersedekah di jalan Allah SWT ? Jika tidak tahu, simak artikel berikut ini untuk penjelasan selengkapnya. 

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa para malaikat akan senantiasa berdoa agar Allah SWT mengganti apa yang telah diberikan oleh orang yang berus aha mencari nafkah dan sering bersedekah terhadap sesamanya.

Sebagaimana disebutkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, 
“Ketika hamba berada disetiap pagi, maka ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Sementara malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari no.1442 dan Muslim no. 1010)

Sehingga dari hadist diatas, bisa diketahui bahwa siapa saja yang memberikan nafkah kepada keluarga dan kerabatnya serta rajin pula bersedekah maka malaikat akan mendoakan agar orang tersebut mendapatkan ganti dari apa yang telah diberikannya. 

Sebagaimana diriwayatkan pula dalam hadist qudsi dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, 

“Allah Ta’ala: berfirman, “ Wahai anak Adam, berinfaklah, Allah akan mengganti infakmu.” (HR. Bukhari no. 4684 dan Muslim no. 993)

Dan hal ini sesuai dengan firman Allah SWT di dalam Al-Qur’an surat Saba ayat 39, dimana disebutkan bahwa,

“Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya).” Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”
Menurut Ibnu Bathol, yang dimaksud dengan hadist diatas adalah mengeluarkan infak yang wajib seperti nafkah untuk keluarga dan nafkah untuk menjalin hubungan kekerabatan (silahturahmi)

Sementara para ulama menyatakan bahwa infak yang dimaksud adalah infak dalam ketaatan, infak untuk menunjukkan akhlak yang mulia, infak pada keluarga, infak kepada orang-orang yang lemah, serta yang lainnya. Selama infak tersebut tidak berlebihan, alias boros.

Sehingga orang-orang yang berlaku demikianlah yang akan didoakan oleh para malaikat agar Allah SWT berkenan memberikan ganti atas apa yang telah diinfakkannya tersebut. 

Sementara bagi orang-orang yang enggan, maka para malaikat akan berdoa agar orang tersebut diberikan kebangkrutan.dan bukan hanya kebangkrutan di dunia, namun juga kebangkrutan di akhirat. 

Demikianlah penjelasan mengenai doa malaikat kepada orang yang mencari nafkah dan rajin bersedekah. Dan diantara bentuk sedekah yang paling utama adalah nafkah yang diberikan kepada keluarga. Oleh sebab itu tentunya merupakan sebuah kebahagiaan yang terbesar apabila para malaikat pun berdoa untuk kita. Maka sudah seharusnya kita bersedekah di jalan Allah dengan sedikit harta yang kita miliki. 
0 Komentar untuk "Inilah Doa Malaikat Untuk Orang Yang Mencari Nafkah dan Rajin Bersedekah"

Back To Top